Bagaimana Cara Menyampaikan Feedback dengan Baik

feed back

Setelah kalian mengetahui jenis apa yang kalian miliki untuk melakukan sebuah feedback atau umpan balik dari segi ilmu komunikasi dan lainnya, sekarang kalian akan mengetahui bagaimana cara cara menyampaikan feedback dengan baik.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa feedback adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan atau bisnis yang sedang kalian jalani. Apabila tercipta feedback yang positif maka hal tersebut akan berimbas kepada eratnya hubungan yang akan fokus untuk mengidentifikasi perilaku perusahaan atau bahkan perilaku karyawan untuk dapat meningkatkan kinerja yang akan dihasilkan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Google

Dan juga feedback yang memiliki konstruktif dibalik itu juga akan mengarah kepada suatu identifikasi atau perilaku yang dapat mengurangi kinerja karyawan saat mereka menyelesaikan pekerjaannya. Nah bagaimana caranya agar bisa memberikan feedback yang baik tanpa harus menyinggung perasaan orang lain, maka dari itu kami akan memberikan caranya :

* Mampu Mengontrol Emosi

Kalian harus menghindari memberikan feedback saat kalian sedang marah atau emosi. Karena saat kalian sedang marah atau emosi tersebut ,apabila kalian tidak bisa mengontrol diri kalian untuk menahan hal tersebut, maka bisa jadi umpan baik tersebut dapat di salah artikan yang tadinya bersifat membangun malah akan memperburuk suasana. Maka lebih baik jika penyampaian feedback tersebut disampaikan di lain hari saat emosi kalian jauh lebih baik dari sebelumnya.

* Lakukan Dengan Tertutup

Apabila kalian ingin untuk memberikan suatu feedback maka usahakan kalian harus mencari tempat yang sepi seperti halnya ruangan rapat, atau ruangan lainnya yang tidak ada banyak orang melewati tempat tersebut. Kalian harus menghindari memberikan masukan atau kritik di depan karyawan lainnya hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya dinamisme kinerja di dalam tim tersebut.

* Fokus Mengenai Perilaku Kerja

Bukan Kepribadian Karyawan, kalian harus mengingat dengan baik bahwa memberikan suau masukan adalah salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan perilaku yang akan menghambat kinerja pekerjaan seorang karyawan tersebut.

Apabila karyawan tersebut diserang secara individu maka mereka akan secara bersifat defensif dan akan menghilangkan kesempatan untuk melakukan diskusi yang bersifat sehat dengan para atasannya atau bahkan karyawan lainnya.

* Menyampaikan Masukan dengan Spesifik

Menyampaikan feedback yang membangun, harus kalian lakukan dengan cara yang sangat efektif, selain itu juga harus disampaikan dengan cara yang spesifik dan tentunya yang tepat sasaran.

Kalian harus bisa menjabarkan dimana letak detail dari kesalahan karyawan tersebut atau bahkan perilaku karyawan yang harus mereka ubah. Jangan pernah sekali-kali mengatakan bahwa karyawan tersebut melakukan suatu kesalahan namun kalian tidak memberikan penjelasan yang lengkap dimana letak kesalahannya, dan bagaimana solusi kedepannya.

* Tepat Waktu

Apabila kalian sudah pernah mendapatkan banyak list berisi mengenai feedback yang kalian terima di dalam laporan tahunan milik kalian, maka kalian harus mengetahui bahwa fakta yang ada sebelum laporan tersebut dibuat. Dan setelah itu kalian harus memberikan feedback secara langsung saat itu juga apabila karyawan membuat suatu kesalahan.

* Harus Tetap Tenang

Walaupun kalian sangat marah semarah apapun kalian, kalian harus tetap dapat mengontrol amarah kalian, dan kalian juga bisa menunda pemberian feedback saat itu menjadi lain kali saat kalian tidak sedang marah.

* Tegaskan Apa yang Diharapkan Oleh Perusahaan

Cara tersebut akan memperkuat kekuatan dari perusahaan kalian dengan memberitahu karyawan kalian bahwa kalian masih mempercayai kemampuan yang dimiliki oleh karyawan tersebut, dan masih yakin mengenai perilaku mereka yang dapat mereka ubah.

* Membiarkan Karyawan Tersebut Memberikan Respon

Setelah kalian selesai memberikan pendapat atau feedback kalian kepada karyawan kalian maka selanjutnya kalian harus berhenti berbicara, dan memberikan ruang bagi karyawan kalian untuk berbicara dan menanggapi masukan dan atau mengajukan pertanyaan atau memberikan suatu klarifikasi atas tindakan yang sudah mereka lakukan

* Mendefinisikan atau menyepakati Rencana yang Dapat Diterima

Dalam hal ini kalian harus dapat menyepakati bersama mengenai rencana aksi yang akan disesuaikan dengan karyawan kalian. Perhatikan dan juga definisikan dengan mendetail apa yang harus kalian lakukan, dan juga apa yang tidak boleh kalian lakukan. Kalian juga harus menyepakati apabila kalian memiliki program rencana pelatihan, contohnya adalah yang harus kalian lakukan merupakan tujuan untuk meningkatkan kinerja secara profesional.

* Menetapkan Waktu Untuk Memfollow Up

Kalian bisa membuatkan jadwal yang jelas untuk menentukan perubahan dan perkembangan karyawan yang kalian sedang awasi setelah diberikan masukan. Langkah tersebut akan menetapkan akuntabilitas, selain itu juga meningkatkan kemungkinan peningkatan kerja yang mereka lakukan.

Setelah kalian menyampaikan feedback, dan menyetujui rencana apa yang akan segera kalian lakukan selanjutnya, maka kalian harus memulai untuk melupakan kesalahan yang pernah dibuat oleh karyawan kalian.

Hal tersebut akan membuat para karyawan lebih dihargai, selain itu juga tidak akan melakukan kesalahan lainnya di kemudian hari. Kalian juga tetap harus memantau kinerja karyawan kalian lainnya dengan cara yang normal.

Setelah kalian sudah menyampaikan feedback yang akan membangun kepada para karyawan kalian kalian juga bisa langsung membuat suatu manajemen kinerja, atau bahkan penyusunan Key Performance Indicator, dan juga penilaian dengan cara berskala.

Dengan mengetahui sepuluh cara menyampaikan feedback dengan baik dan benar, maka kami berharap dapat meningkatkan efisiensi, dan efektivitas kinerja yang ada di suatu perusahaan, selain itu dengan menerapkan sistem feedback yang baik juga dapat meningkatkan daya kerja para karyawan. Apabila kalian ingin mempunyai kemampuan dalam memberikan feedback yang baik, kalian bisa mengikuti beberapa program pelatihan pendidikan bisa kalian dapatkan di berbagai program pelatihan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *