Apa Itu Strategi Pemasaran? Ketahui Disini

Strategi pemasaran adalah suatu rangkaian yang di dalamnya terdapat suatu perencanaan yang digunakan untuk menjangkau target pasar, selain itu juga dilakukan untuk mengubah para konsumen untuk bisa menggunakan atau membeli produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga: Cara Mempelajari Bahasa Jerman

Dengan begitu maka kalian atau para pebisnis tidak bisa serta merta langsung memasarkan produk tersebut kepada semua orang, tanpa adanya suatu strategi yang tepat agar bisa mengubah target pasar yang kalian tuju yang menjadi konsumen produk kalian.

Pengertian Strategi Pemasaran

Menurut Para AhliStrategi pemasaran ini memiliki fungsi dimana bisnis atau produk yang kalian miliki akan diantarkan kepada konsumen yang tepat, strategi pemasaran tersebut juga memiliki fungsi lainnya yaitu memudahkan koordinasi kalian kepada para tim.

Pengertian strategi pemasaran menurut beberapa ahli yang diantaranya adalah :

* Kurtz (2008)

Pengertian strategi pemasaran adalah salah satu keseluruhan program perusahaan yang di dalamnya menentukan target pasar, setelah itu para pebisnis akan memuaskan para konsumen dengan membangun beberapa elemen kombinasi dari konsep marketing mix yang diantaranya adalah : produk, distribusi, promosi, dan juga harga.

* Tjiptono

Menurut Tjiptono, strategi pemasaran adalah salah satu bentuk fundamental yang dibentuk atau dirancang guna mencapai suatu tujuan tertentu mengenai perusahaan, yang di dalamnya mengembangkan keunggulan daya saing yang memiliki keterhubungan atau kesinambungan dengan melewati pasar yang nantinya akan dimasuki, dan beberapa program pemasaran yang akan digunakan untuk melayani target pasar.

* Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah salah satu mindset pemasaran yang nantinya akan digunakan untuk mencapai suatu tujuan dalam bentuk pemasaran, yang didalamnya terdapat strategi rinci mengenai target pasar, penetapan suatu posisi, bauran pemasaran, dan biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran.

* Stanton

Strategi pemasaran adalah salah satu hal yang di dalam nya memiliki hubungan yang bertujuan untuk merencanakan dan juga menentukan harga hingga akhirnya mempromosikan dan juga akan menyalurkan produk yang berupa barang atau jasa yang dapat memuaskan para konsumen.

Konsep Pemasaran

Saat ini banyak sekali para ahli marketing yang menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang paling penting yang terdapat di dalam konsep pemasaran dan juga strategi pemasaran.

Setiap perusahaan memiliki caranya tersendiri untuk melakukan proses marketing, hal tersebut tergantung kepada karakteristik yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dibawah ini adalah 5 konsep pemasaran diantaranya adalah :

1. Segmentasi Pasar

Setiap konsumen memiliki kebutuhan dan juga kebiasaan yang berbeda dari pada konsumen lainnya. Suatu perusahaan harus melakukan klasifikasi target pasar yang bersifat heterogen menjadi homogen.

2. Market Positioning

Setiap perusahaan harus memiliki pola spesifik yang nantinya digunakan untuk mendapatkan posisi yang kuat di dalam pasar, yaitu salah satunya adalah untuk memilih segmen yang memiliki peluang keuntungan yang banyak, maka dari itu perusahaan tidak bisa menguasai seluruh pasar.

3. Market Entry Strategy

Beberapa upaya yang harus dilakukan oleh para pebisnis yaitu diantaranya membeli perusahaan lain, mengadakan internal development, dan juga melakukan suatu kerjasama dengan para perusahaan lainnya, hal tersebut dapat dilakukan oleh perusahaan yang ingin memasuki segmen target pasar tertentu.

4. Marketing Mix Strategy

Menggunakan variable mix yang digunakan pihak perusahaan yang nantinya memiliki pengaruh terhadap tanggapan konsumen. Di dalam marketing mix tersebut di dalamnya juga terdapat beberapa variabel yaitu product (barang atau jasa yang dihasilkan), price (harga yang sudah ditentukan), place (tempat atau lokasi yang menjadi target pasar),

promotions (promosi apa yang akan dibuat), participant (siapa saja orang-orang yang menjadi target pasar produk atau jasa tersebut), process (bagaimana proses pemasaran tersebut berjalan), dan people physical evidence (aset perusahaan seperti gedung, fasilitas perusahaan, desain interior).

5. Strategi Waktu

Untuk memilih waktu yang dilakukan dalam kegiatan pemasaran juga sangat penting agar nantinya dapat menjadi salah satu perhatian perusahaan dan perlu juga melakukan berbagai persiapan yang maksimal di bidang produksi barang atau bahkan produksi jasa, selain itu juga kalian dapat dengan tepat waktu yang akan digunakan untuk melakukan pendistribusian produk yang kalian ciptakan ke pasaran.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *