3 Cara Mempelajari Bahasa Jerman Untuk Para Pemula

Bekerja di Jerman, tentunya menjadi kebanggan tersendiri. Negara yang terkenal dengan kepintaranya ini memang mempunyai daya pikatnya sendiri. Namun sebelum hijrah ke negara tersebut, hendaknya Anda belajar cara mempelajari Bahasa Jerman.

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara mempelajari Bahasa Jerman? Tentunya banyak cara yang bisa ditempuh agar bisa berbahasa dengan lancar, apalagi yang ingin menempuh studi atau bekerja di Jerman

Trik Cara Mempelajari Bahasa Jerman

Cara mempelajari Bahasa Jerman harus dilakukan secara konsisten dengan metode yang benar, agar lebih gampang ketika melafalkannya.

Untuk belajar, tentunya banyak metode yang digunakan. Berikut merupakan cara mempelajari Bahasa Jerman untuk pemula.

  • Belajar Kata Dari Belakang

Seperti yang diketahui, bahasa Jerman menggunakan kata yang panjang namun susah dalam pengucapannya. Contohnya seperti kata “Hauptbahnhof Parkplatz”. Melihatnya saja sudah membuat Anda kesulitan dalam cara mempelajari Bahasa Jerman tentunya. 

Cara mempelajari Bahasa Jerman dengan mudah kata di atas yaitu dengan membagi kalimat tersebut menjadi lebih kecil. Kalimat di atas sebenarnya terdiri dari tiga kalimat, “Haupt yang artinya utama”. 

“Bahnhof artinya yaitu stasiun kereta”, beserta “Parkplatz artinya yaitu tempat parkir”. Jadi “Hauptbahnhof Parkplatz” artinya adalah tempat untuk parkir stasiun kereta utama. Nah seperti itu cara gampangnya. Anda bisa mulai berlatih sedikit demi sedikit.

  • Belajar Pelafalan Aksen Bahasa Jerman 

Cara mempelajari Bahasa Jerman yang benar yaitu dengan pelafalan yang benar pula. Bahwasanya Bahasa Jerman ini dalam melafalkannya sama dengan penulisannya, oleh karenanya perlu ketelitian dalam pengucapannya.

Vokal yang dimiliki Bahasa Jerman ini punya vokal yang ekstra. Jadi cara pengucapannya pun berbeda yaitu dengan menutup mulut dan sedikit kuat saat mengeluarkannya.

Cara mempelajari Bahasa Jerman memang harus teliti karena pengucapannya terbilang lebih sulit dari Bahasa Inggris. Contohnya kata “ch” maka bunyinya nanti seperti “sh” yang agak tertahan “k” nya.

  • Belajar Langsung Percakapan 

Cara belajar Bahasa Jerman agar cepat beradaptasi yaitu dengan langsung pada percakapan yang sering digunakan. Seperti yang diketahui bisa karena biasa, jika terbiasa bicara dengan Bahasa Jerman, maka dengan sendirinya juga akan lancar berbahasa Jerman.

Karena dalam percakapan sehari-hari tidak mutlak sesuai teori. Beda wilayah Jerman aksen yang dipakai pula akan berbeda pula. Agar semakin mahir dalam berbicara Bahasa Jerman, Anda bisa mulai dengan menonton televisi atau film yang berbahasa Jerman.

Biasanya terdapat translete di bawahnya, yang memungkinkan Anda lebih mudah memahami dan menirukannya. Atau bisa juga dengan mendengarkan podcast bahasa Jerman atau berita dalam Bahasa Jerman. 

Jika memungkinkan, sebaiknya dalam keseharian juga menerapkan berbicara menggunakan Bahasa Jerman, dengan begitu Anda cepat fasih dalam berbicara Bahasa Jerman. Misal dengan anggota keluarga atau bergabung dalam club Bahasa Jerman.

Cara mempelajari Bahasa Jerman yang paling sering ditempuh yaitu dengan mengikuti kursus bahasa Jerman. Karena dalam lingkup tersebut Anda akan dibantu ahlinya. Selain itu juga semua peserta akan belajar dan dituntut untuk belajar percakapan dalam Bahasa Jerman.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *