Mencegah Zika Datang

Kita tentu bertanya apa yang harus kita lakukan untuk mencegah virus zika yang berbahaya ini? Sayangnya, saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi virus zika. Alhasil, pencegahan paling efektif, mau tak mau, harus jangan sampai digigit nyamuk (Aedes). Bagaimana caranya? 1. Gunakan pencegah gigitan serangga (insect repellent).

apa itu ausbildung dan bagaimanan cara mendaftarnya untuk lulusan SMA “

Ada beberapa catatan untuk pemakaian insect repellent ini: a. Umumnya, aman untuk pemakaian langsung pada setiap orang, termasuk ibu hamil dan menyu sui. b. Kebanyakan insect repellents aman untuk anakanak. Hindari yang mengandung zat oil of lemon eucalyptus pada anak di bawah 3 tahun. c. Repellent yang mengandung DEET, picaridin, IR3535, dan beberapa dari oil of lemon eucalyptus, dan para-methanediol memberikan perlindungan untuk waktu yang lama.

Namun, sekali lagi, perhatikan bila digunakan pada anak-anak. d. Bila pemakaiannya bersamaan dengan pelindung sinar matahari (sunblock), pakai lebih dulu pelin dung matahari tersebut, baru kemudian repellent. e. Bila menggunakan spray insect repellent pastikan langsung pada kulit. Menyemprotkannya di bawah baju, tidak efektif. f. Cuci pakaian dengan memakai permethrin atau beli pakaian yang sudah diberi permethrin. Permethrin merupakan suatu larutan yang dapat disemprotkan dalam bentuk spray ke pakaian, tenda, atau peralatan.

Permethrin dapat membunuh serangga, kutu, nyamuk, dan sebagainya, karena mengandung zat aktif permethrin 0,5%. Sekali semprot, permethrin dapat bertahan selama 6 kali pencucian atau 42 hari terpapar sinar matahari. g. Selalu ikuti petunjuk yang ada pada krim pelindung matahari dan repellent. 2. Bila cuaca memungkinkan, gunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang. 3. Gunakan penyejuk udara atau tirai penutup jendela dan atau pintu untuk mencegah masuknya nyamuk.

Bila tidak memungkinkan, tidur dengan memakai kelambu (mosquito bed net). 4. Kurangi sumber nyamuk di dalam dan luar ruangan, misal, tempat-tempat bersarangnya nyamuk (pot bunga, kolam air, dan lainnya). ALUR PENANGANAN ZIKA Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pada awal infeksi tidak ada kelainan fisik yang spesifik sebagai tanda infeksi virus zika. Namun setelah terinfeksi, dapat muncul tanda: 1. Demam mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung, dan kaki serta nyeri pada otot dan sendi. 2. Mata menjadi merah karena mengalami infeksi (konjungtivitis).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *