Perkembangan Terlambat

Anak saya (15 bulan) sampai sekarang masih makan bubur bayi umur 9 bulan. Belum bisa berjalan, walau selalu rutin diajak belajar berjalan. Tubuhnya juga masih lemas. Kalau dikasih nasi, dia muntah. Apakah ini merupakan gejala penyakit tertentu, dok?

Baca juga : Kerja di Jerman

Bagaimana perkembangan fisiknya, apakah mengalami keterlambatan. Mohon penjelasan dan solusi dokter rifan. Terima kasih. Apriani nida fa’izah – jakarta Ibu Apriani yang baik, untuk usia 15 bulan sebenarnya dia sudah harus mampu berdiri sendiri dan melangkah/mulai berjalan dan makan makanan yang bertekstur lebih kasar (makanan keluarga).

Bila saat ini dia masih belum mampu duduk sendiri, kemungkinan besar ia menderita keterlambatan perkembangan motorik (motoric developmental delayed). Sebaiknya segera bawa ke dokter anak terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih saksama, sehingga dapat ditentukan kondisi saat ini dan mendapatkan tatalaksana yang lebih komprehensif.

Naik Kereta Api

Permainan ini dapat mengembangkan imajinasi anak. Cukup dengan memangku si batita dan menirukan suara kereta api sambil bergoyang-goyang seperti dalam kereta. CARA BERMAIN 1. Permainan ini dapat dilakukan di ruang keluarga, di kamar, atau di halaman rumah. 2. Berikan penjelasan bahwa Mama atau Papa menjadi kereta dan sedang mencari penumpang. Berteriaklah sambil menggerakkan tangan, “Kereta api Mama berada di jalur 4, siap untuk diberangkatkan.

Jes…jes, tuuut…tuuut! Ayo, siapa mau ikut naik.” Panggil si kecil dan ajaklah duduk di atas pangkuan. 3. Tanyakan tujuannya bepergian atau tawarkan bahwa kereta api ini akan mengantarkannya ke kamar tidur, ke ruang bermain, ke halaman, atau tempat lain yang menjadi favorit si buah hati. 4. Berikan aba-aba bahwa kereta akan segera berjalan. Misalnya, “Kereta siap diberangkatkan.”

Kemudian, nyanyikan lagu Naik Kereta Api. Peganglah tangan si batita, ajaklah untuk mengikuti gerakan tangan ke kiri dan kanan seperti jalannya kereta. Setelah habis satu lagu, berpurapuralah berhenti karena sudah sampai di stasiun tujuan. 5. Sesekali ajak si batita mengunjungi stasiun kereta api yang sebenarnya. Berikan penjelasan mengenai kegiatan yang dilakukan di stasiun.

Kecerdasan Yang Dikembangkan

? KEMAMPUAN KINESTETIK-JASMANI Menggerakkan tangan dan menggoyang-goyangkan badan di atas pangkuan mama berarti melatih koordinasi tangan dan keseimbangan. ? KECERDASAN MUSIKAL Melalui nyanyian Naik Kereta Api, si batita belajar mengenal syair dan intonasi suara. ? KECERDASAN VISUAL-SPASIAL Si batita berimajinasi sedang naik kereta api yang berjalan maju ke depan dan berhenti saat di stasiun tujuan. ? KECERDASAN BAHASA & INTERPERSONAL Dirangsang melalui komunikasi dan kerja sama antara “masinis” dan “penumpang” dalam menentukan tempat pemberhentian.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *