Suplemen Aman Bagi Mamil

Selama menjalani kehamilan, dokter obgin biasanya meresepkan berbagai suplemen untuk mamil minum setiap hari. Apa saja jenisnya dan manfaatnya? Yuk, cari tahu, Ma! Tahukah Mama, masa krusial pertumbuhan janin sesungguhnya dimulai sejak periode prakonsepsi dan bukan di awal kehamilan? Ya, sejak sebelum mamil menyadari kehadiran janin di dalam rahim, makanan yang dikonsumsinya sehari-hari sudah memengaruhi pembentukan bakal janin, lo!

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Bahkan, sejumlah kecacatan atau kelainan pada janin mulai berkembang di minggu-minggu awal kehamilan, di saat mamil belum menyadari bahwa dirinya tengah berbadan dua. Oleh karena itu, menurut Robert Greene, MD, FACOG, dokter kandungan dan ahli endokrinologi reproduksi dari CNY Fertility Center di Syracuse, New York, calon mama perlu memerhatikan asupan nutrisinya sejak sebelum positif hamil, tepatnya pada masa pembentukan sel telur, yakni sekitar tiga bulan sebelum terjadinya pembuahan.

Konsumsi nutrisi yang cukup sejak sebelum hamil, baik melalui pola makan sehat maupun dengan mengonsumsi suplemen khusus, disebut Greene sebagai langkah paling efektif untuk menghindari timbulnya kecacatan pada janin serta mencegah keguguran yang umumnya terjadi pada usia kandungan 7-12 minggu. Hal senada diungkapkan oleh Siobhan Dolan, MD, MPH, profesor bidang obgin klinis dan kesehatan perempuan di Albert Einstein College of Medicine. Dolan.

Setiap perempuan yang termasuk ke dalam golongan usia subur dan tidak memakai alat kontrasepsi, patut mencukupi kebutuhan hariannya akan tiga zat gizi ini: asam folat, zat besi, dan kalsium. Pasalnya, peluang mereka untuk hamil cukup besar dan kehamilan dapat terjadi kapan saja. Ketiga zat gizi tersebut, menurut Dolan, memiliki peran sangat penting dalam mendukung kesehatan calon mama beserta calon janin, terutama di fase prakonsepsi dan trimester pertama.

Nyaman Mengonsumsi Suplemen

Sebagian mamil merasa kesulitan saat harus me ngonsumsi suplemen di trimester awal. Selain karena jumlahnya cukup banyak, ukuran suplemen yang umumnya cukup besar sehingga sulit ditelan, juga karena sebagian mamil mengalami mual atau morning sickness. Meski begitu, mamil tetap harus memerhatikan kecukupan nutrisi bagi dirinya dan janin. Simak tipnya berikut ini. • .onsumsi suplemen di malam hari menMelang tidur. • Minta dokter meresepkan suplemen merek lain dengan ukuran lebih kecil. • %isa Muga mendapatkan asupan gi]i seperti folat dan ]at besi dari susu khusus untuk ibu hamil. %ila mamil betul-betul tidak sanggup mengonsumsi suplemen dalam bentuk pil, cobalah bicarakan dengan dokter mengenai kemungkinan mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *