3 Perbedaan IELTS dan TOEFL

kursus IELTS terbaik

Sebenarnya, baik IELTS maupun TOEFL memiliki kualitas yang sama untuk mengukur kemampuan fasih berbahasa Inggris. Baik dalam membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Keduanya juga bisa kamu gunakan sebagai persyaratan untuk bekerja atau kuliah keluar negeri.

” rekomendasi tempat kursus IELTS terbaik di Jakarta ” – https://avanaeducation.com/

Tetapi banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan kedua tes ini. Karena walaupun memiliki tujuan yang sama, ada beberapa perbedaan yang bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Syarat Tempat Kerja atau Kuliah

Kamu juga perlu memperhatikan syarat tempat kerja atau kuliah yang akan kamu masuki. Untuk kampus dan tempat kerja yang bertembap di Amerika Serikat dan Kanda maka sudah pasti membutuhkan sertifikat lulu TOEFL.

Sedangkan universitas dan tempat kerja di negara negara Commonwealth seperti Australia, Britania Raya hingga Selandia Baru akan membutuhkan International English test.

Tetapi peraturan ini tidak terpaku di setiap tempat kerja atau universitas. Selain itu ada beberapa tempat kerja atau universitas di AS dan Kanada yang menerima International English test. Dan pula sebaliknya.

  1. Cara Mengikuti dan Penilaian Tes

Selain itu ada perbedaan mengikuti dan penilaian dari struktur tes, berikut penjelasan lengkapnya lewat tabel di bawah ini:

  • Reading

Pada uji TOEFL, sesi ujian Reading akan memakan waktu 60 hingga 80 detik dengan jenis soal pilihan ganda. Sedangkan pada tes IELTS akan memakan waktu hingga 60 detik saat ujian dengan jenis soal yang beragam.

  • Listening

Untuk ujian listening pada tes TOEFL membutuhkan waktu 60 menit dengan jenis soal pilhan ganda dan menggunakan akses Amerikn English.

Sedangkan pada ujian IELTS, tes akan berlangsung selama 30 menit saja dengan jenis soal mencocokkan, menyelesaikan kalimat dan pilihan true/false/not given dan menggunakan akses Inggris yang beragam.

  • Speaking

Pada ujian TOEFL, materi speaking akan membutuhkan waktu 20 menit dengan menggunakan komputer dan jenis soal IBT. Sedangkan pada IELTS akan berlangsung selama 15 menit dan dibagi dalam tiga bagian selain itu ujian juga berlangsung tatap muka.

  • Writing

Pada ujuan writing untuk tes TOEFL akan membutuhkan waktu 50 menit dengan soal membaca dan menulis. Sedangkan pada IELTS akan berlangsung selama 1 jam dengan metode uji menulis esai.

Penerapan Tes Bahasa Inggris

Bisa dikatakan jika TOEFL lebih banyak untuk syarat masuk kuliah. TOEFL sendiri lebih condong pada AS karena dikelola oleh pelayanan edukasi AS menggunakan bahasa Inggris-Amerika. Jadi bagi kamu yang ingin kuliah di AS atau Kanada, pasti banyak yang meminta tes TOEFL.

International English tes lebih banyak untuk syarat imigrasi, dan pekerjaan. Tetapi juga ada untuk syarat pendidikan. Di mana kamu mengambil General Training untuk imigrasi, dan Academic untuk syarat pendidikan. Tes ini lebih condong ke negara Commonwealth karena dikelola oleh British Council.

Demikian penjelasan mengani perbedaan IELTS dan TOEFL. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi kamu, dan sampai jumpa.

Leave a comment

Your email address will not be published.