Inovasi Tak Boleh Berhenti

Berinovasi dan bekerja untuk Indonesia. Semangat itulah yang mendasari Hendra Adidarma, pendiri sekaligus Presiden Direktur PT Propan Raya. Memenangkan penghargaan dari Ernst and Young sebagai Entrepreneur of The Year 2015, Hendra Adidarma tak mau jumawa. Baginya, penghargaan ini adalah tantangan untuk terus berinovasi. Ya, inovasi memang bagian dari perjalanan hidup pria lulusan Jerman ini.

Baca juga β€œ Jual genset Bali β€œ

Sedari awal mendirikan Propan hingga kini, 36 tahun lamanya, ia tetap bepegang teguh pada prinsip ini. Mengawali Propan dengan hanya 10 orang karyawan, Hendra Adidarma sekarang memiliki karyawan yang berjumlah ribuan orang. Dari hanya memproduksi cat kayu yang diberi nama Impra, produk yang dihasilkannya kini pun makin beragam; tak hanya cat kayu, Propan juga menggelontorkan cat rotan, dinding, bahkan cat acrylux yang bisa dipakai di berbagai bahan.

Tak heran, perusahaan yang digawanginya ini pernah mendapat berbagai penghargaan, salah satunya sebagai perusahaan yang memberikan solusi atas setiap kebutuhan cat konsumen. Apa yang menyebabkan ia bisa mencapai keberhasilan seperti ini? Berikut petikan wawancara dengan ayah dua anak yang masih aktif bekerja di usianya yang mencapai 76 tahun ini.

β€œTak ada keberhasilan yang diraih dengan satu kali usaha. Kalau gagal, coba lagi. Kalau berhasil pun, jangan langsung berhenti. Intinya, maju terus tanpa mundur, tanpa menyerah.”

Bagaimana Tanggapan Anda Terhadap Penghargaan Yang Diberikan Kepada Anda?

Penghargaan ini diberikan kepada pemilik perusahaan nasional yang berbasis pengetahuan, bukan sekadar perusahaan distribusi, yang mentransfer teknologi dan memproduksi produk demi kepentingan pembangunan Indonesia. Tentunya saya merasa bangga sekaligus tertantang. Bangga karena ini sesuai dengan misi kami yakni menjadi perusahaan yang menghasilkan produk bahan bangunan berkualitas dunia.

Anda Mendirikan Propan 36 Tahun Lalu Dan Harus Bersaing Dengan Perusahaan Asing Yang Lebih Dahulu Ada. Apa Rahasia Sehingga Bisa Seperti Ini?

Rahasianya inovasi terus. Inovatif artinya lain daripada yang ada di pasar. Bisa berupa produk yang baru atau tampilan yang berbeda. Misalnya dulu kita hanya punya cat kayu, sekarang punya cat rotan. Kalau dulu cat solvent base, sekarang cat Propan juga dibuat ramah lingkungan, water based. Itu juga merupakan inovasi. Harga juga harus bagus, tapi tentu kualitasnya bagus. Think in diff erent way to make innovation, do it simply. Lainnya, cermati sekeliling. Inovasi Propan selalu didasarkan atas perkembangan kebutuhan dan situasi pasar. Bahan bangunan berkembang, catnya juga harus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *