Menghangatkan Si Kecil dengan Metode Kanguru

Pernah mendengar tentang metode kanguru? Metode kanguru ( kangoroo mother care/KMC) digunakan untuk menghangatkan bayi dengan tubuh ibunya sendiri. Bahkan sebenarnya boleh juga oleh ayahnya.

Prinsipnya, bayi diletakkan pada dada ibu yang mengenakan pakaian khusus KMC, sehingga bayi digendong/diletakkan dengan posisi yang memungkinkan terjadi skin to skin contac antara bayi dan ibu. Dengan cara demikian kehangatan tubuh bayi akan terjaga karena adanya hangat tubuh bundanya.

Metode KMC ini memang digunakan untuk perawatan bayi yang masih kecil (prematur) agar tidak selalu dalam inkubator dan terpisah dari ibunya. KMC bermanfaat agar terjalin ikatan batin dan emosional antara bayi dan ibu. Berbagai penelitian bahkan telah membuktikan metode ini memberikan efek luar biasa bagi kecepatan kesembuhan bayi yang sakit. Bahkan dengan metode ini bayi yang masih kecil dapat dirawat di rumah.

Namun tentunya ada batasan tertentu bayi yang seperti apa yang dapat dirawat secara KMC di rumah. Bayiyang boleh menggunakan metode ini biasanya adalah bayi yang sudah dalam kondisi stabil fungsi paru dan jantungnya, serta tidak dalam keadaan yang sakit berat. Selain itu juga beratnya juga harus di atas 1.800 gram.

Manfaat Bercerita

Mengasah kemampuan kognitif

Bercerita mampu mengasah kemampuan kognitif anak, diantaranya pemecehan masalah, pemahaman akan konsep, imajinasi, kreativitas, pengambilan keputusan, dan logika berpikir.

Mengembangkan kemampuan berbahasa

Kegiatan bercerita mengenalkan banyak kosakata baru pada anak. Semakin banyak kosakata yang dikenalnya, semakin banyak  juga konsep tentang sesuatu yang dikenalnya. Selain melalui kosakata, kemampuan berbahasa juga dapat diasah melalui ketepatan berbahasa sesuai dengan konteks hingga suasana emosi.

Mengembangkan kemampuan psikososial

Kemampuan psikososial anak, termasuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosi anak, seperti: termapil dalam ekspresi diri, membentuk perasaan yang positif, mengatasi tekanan emosional, lebih peka terhadap diri sendiri, meningkatkan kontrol diri dan kompetensi. Termasuk terbinanya hubungan yang dekat dan lekat dengan orangtua.

Mengembangkan aspek moral

Cerita memiliki peluang yang sangat besar untuk menanamkan moralitas pada anak. Aspek moralm artinya berbicara tentang apa yang dianggap benar atau salah terkait pelanggaran atas hak orang lain. misal, mengambil barang milik teman tanpa seizin si pemilik.

Agar anak yang akan mengikuti tes IELTS berjalan lancar dan percaya diri tentunya dibutuhkan bekal. Untuk itu, tempat terbaik kursus persiapan IELTS Jakarta adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *