Untuk Keindahan Dan Aneka Solusi

Keanegaraman hayati yang dimiliki Indonesia perlu dimanfaatkan dan dijaga kelangsungan hidupnya. Menciptakan taman di rumah adalah salah satu cara menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan kekayaan flora yang ada di bumi Indonesia. Tanaman sebagai unsur utama sebuah taman, memiliki daya tarik luar biasa bagi yang melihatnya. Daya tarik ini berasal dari bentuk dan warna bunga serta daunnya. Selain itu, taman juga menjadi pencipta keseimbangan ekologis (vegetasi, satwa, tanah, dan air). Memanfaatkan halaman rumah untuk taman juga menjadi cara untuk menjaga keberadaan air tanah, karena taman dapat berfungsi sebagai daerah resapan air.

Keberadaan taman juga akan meningkatkan kualitas lingkungan rumah. Pemanasan global yang terjadi saat ini, dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia terutama anak-anak. Karenanya, perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak akan kecintaan pada lingkungan sekitar, dimulai dari lingkungan terdekat yaitu rumah. Taman menjadi sarana untuk mencapai tujuan ini. Saat ini, fungsi taman bertambah. Polusi udara dan segala keruwetan hidup di dunia terutama di kota-kota besar berpotensi mengganggu ketenangan hidup dan menciptakan stres bagi manusia. Taman dengan segala elemen pendukungnya, menjadi sarana terapi fisik, emosional, dan psikologis yang meredakan stres tersebut.

Beberapa jenis tanaman dapat menjadi pelindung rumah dan penghuninya dari udara kotor yang mengganggu. Taman juga meredam bunyi dan suara yang bising. Perkembangan desain dan arsitektur saat ini, membawa taman pada satu fungsi lain yang sangat penting yaitu menjadi penyokong keindahan bangunan dan lingkungan rumah. Bahkan, mengikuti perkembangan desain yang ada, aneka jenis taman pun diciptakan, mulai dari jenis taman tropis yang menampilkan kerimbunan dan ragam tanaman menyerupai hutan, hingga taman modern yang tampil simpel dan praktis.

Bahkan beberapa taman didesain secara khusus sesuai karakter penghuni rumah. Misalnya, taman kering untuk rumah yang berlahan sempit atau untuk pemilik yang sibuk sehingga tak punya banyak waktu merawat tamannya. Atau taman air yang dipenuhi dengan elemen air bagi penyuka terapi air. Taman atap, yang juga marak saat ini, diterapkan sebagai solusi bagi banyak orang yang ingin memanfaatkan lahan kosong di area dak, sekaligus mengurangi teriknya matahari.

Hal yang harus selalu diperhatikan dalam penciptaan setiap jenis taman adalah: kondisi lahan, penentuan jenis taman (disesuaikan dengan desain rumah dan karakter penghuninya), pemilihan jenis tanaman, dan pemanfaatan lingkungan sekitar (matahari, sumber air, arah hadap rumah), serta perlu tidaknya menghadirkan makhluk hidup lain -seperti burung atau ikan sebagai pelengkap.

Untuk menjaga kenyamanan di rumah dikala listrik sedang padam dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Genset merk terbaik adalah genset Cummins, dan untuk mendapatkan harga murah bisa membelinya di Suplier Jual genset Cummins di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *